02 August 2008

Pangeran Mini



Alias The Litte Prince. Baru selese gue baca walau sudah punya dari SD. Yaa jadi kemaren kemaren ini sempet baca lagi dan ternyata wah wah bagus looh. Buku ini pertama kali terbitan taun 1943, emang udah lama, yang ngarang namanya Antoine de Saint Exupéry. Ini dia misternya.

Ceritanya yang dalem dalem gitu d, ngajarin orang tentang hidup bla bla bla. Tapi bagus! Dia sama Little Prince nya sangat heboh gitu sampe ada di duit franc (sebelom ada Euro). Cadas lah. Little Prince nya itu dia yang gambar juga loh.

Begini ceritanya, si pengarangnya kan kaya pilot gitu, terus pesawatnya jatoh di Sahara (ini beneran, makanya dia ngarang buku ini). Nah pas itu diceritain kalo dia ketemu Little Prince. Si Little Prince ini anak kecil yang suka mau tau dan bawel gitu pokoknya suka tanya-tanya. Intinya sih buku ini menggambarkan orang dewasa dari sudut pandang anak kecil. Di perjalanannya Little Prince dia ketemu macem-macem orang, ada The King, The Conceited Man, The Drunkard, The Businessman, The Lamplighter, sama The Geographer, terus terakhirnya si Little Prince pergi ke Bumi.

Di Bumi si Little Prince ketemu sama uler sama fox, dia ada di gurun gitu. Terus karena bawel, dia tanya sama si uler (bla bla bla bahasa inggris gitu) intinya dia nanyain kok gada orang di Bumi, dia minta ditemenin karna kesepian. Si ulernya jawab, walopun banyak orang, kita juga bisa ngerasa kesepian (gitu d kaya majas apa sih tu namanya). Dsb, dsb.

Yaa begitu, buku ini ngajarin gue banyak, ngajarin kalo orang dewasa tuh kadang-kadang terlalu mentingin penampilan, kadang-kadang sok serius, munafik, dkk. Oke punya bukunya :)

http://www.lepetitprince.com/en/

2 comments:

indaho said...

gw perna baca nad! :D

Unknown said...

iya ndah bagus kan yah :)